10 Tips Mempersiapkan Wawancara Anda Berikutnya

https://www.infoteknologiviral.my.id/2023/11/10-tips-mempersiapkan-wawancara-anda.html

Seperti menyiapkan makanan enak, wawancara memerlukan persiapan. Dapatkan bahan-bahan yang bagus dan beri waktu pada diri Anda sendiri. Siapkan makanan di piring untuk membuat makanan menjadi menarik. Semua ini menjadi santapan lezat. Meluangkan waktu untuk mempersiapkan wawancara akan memberi Anda keuntungan besar dalam penyelesaian Anda.

1. Jadwalkan wawancara pada waktu yang sesuai dengan metabolisme Anda.
Apakah Anda orang yang suka bangun pagi? Mengapa Anda menerima wawancara jam 6 sore? Jika Anda adalah orang yang berfungsi paling baik di sore hari, cobalah untuk tidak menerima janji temu di pagi hari. Bila Anda adalah orang yang perlu mewaspadai gula darahnya, cobalah menjadwalkan janji temu pada saat Anda sedang dalam kondisi puncak. Jika Anda terpaksa menerima salah satu waktu yang kurang ideal, luangkan waktu sejenak sebelum wawancara untuk menghindari “memudar”. Hindari makan berlebihan.

2. Beri diri Anda waktu ekstra untuk sampai ke kantor mereka.
Ada beberapa hal yang lebih buruk dari pada terlambat datang ke wawancara.

3. Tiba di gedung kantor 7-10 menit lebih awal.
Bila Anda ingin menunggu di lobi untuk menenangkan diri; tidak ada yang suka berjabat tangan berkeringat. Lakukan pemanasan; Anda tidak mau kesan awal seseorang terhadap Anda terbentuk karena jabat tangan yang dingin.
Luangkan waktu beberapa menit di lobi untuk fokus pada apa yang akan Anda katakan. Berikan waktu beberapa menit untuk melewati keamanan gedung sehingga Anda benar-benar tiba di wawancara tepat waktu dan siap berangkat.

4. Perkenalkan diri Anda dengan baik kepada semua orang yang Anda temui dengan mengatakan. “Nama saya......dan saya melakukan wawancara pukul 1:30 dengan........”

5. Bila Anda ditanya apakah mereka dapat menggantungkan mantel Anda, terimalah tawaran tersebut; bila ditawari minuman, terimalah minuman. Anda tidak perlu minum kopi atau teh. Soda, air kemasan, atau air boleh saja. Terima kasih kepada siapapun yang membantu Anda. Menolak tawaran mungkin tidak sopan di beberapa budaya.

6. Ambil tempat duduk Anda untuk menghadapi pintu masuk terbanyak ke dalam ruangan sehingga Anda bisa melihat seseorang mendekati Anda. Terkejut bukanlah cara yang baik untuk memulai rapat.

7. Jika diberikan lamaran, lengkapi dan lengkapi dengan akurat dan rapi. Jangan lampirkan resume Anda dan tulis, “Lihat resume terlampir.” Permohonan merupakan dokumen hukum dan kegagalan untuk melengkapinya secara akurat dapat menjadi alasan penghentian.

8. Bila Anda tidak yakin tentang bulan Anda memulai pekerjaan atau gaji pasti Anda, tulislah “kira-kira” (untuk kata kira-kira) di sebelah item tersebut. Jika ditanya, tunjukkan bahwa Anda tidak benar-benar yakin dengan bulan pastinya dan tidak ingin menipu siapa pun. Tentu saja, jika Anda dapat memastikan gaji atau tanggal mulai Anda sebelum wawancara, lakukanlah; bagi sebagian orang, tanggal atau gaji mungkin sudah lama berlalu sehingga tidak mungkin ditentukan.

9. Tulislah dengan jelas (atau sejelas mungkin). Ini mungkin merupakan lamaran keduabelas yang Anda selesaikan, namun ini adalah lamaran Anda yang pertama kali mereka lihat. Di banyak profesi, kecerobohan dipandang sebagai suatu cacat.

10. Ketika Anda mendengar nama Anda diumumkan, berdirilah dan tersenyumlah, jabatlah tangan pewawancara Anda dan segera nilailah mereka sebagai pribadi. Apakah mereka pintar (atau tidak). Agresif (atau tidak). Jika Anda bertemu orang ini secara sosial, saya yakin naluri Anda benar. Sayangnya, sebab orang-orang menganggap wawancara itu penting, mereka berpikir bahwa mereka harus merasakan perasaan pewawancara. 

Melakukan hal itu adalah sebuah kesalahan. Kesan keras dan cepat terhadap Anda akan terbentuk selama sepuluh menit berikutnya yang akan sulit diubah. Jika Anda cenderung benar dalam situasi sosial tentang orang yang Anda temui, percayalah juga naluri Anda pada naluri profesional. Semoga bermanfaat.