Penjelasan Alat Ukur Peraba Lancip atau Feeler Gauge

https://infoteknologiviral.blogspot.com/2024/03/penjelasan-alat-ukur-peraba-lancip-atau.html

Feeler gauge adalah alat yang dipakai untuk mengukur lebar celah. Pengukur antena sebagian besar digunakan dalam bidang teknik untuk mengukur jarak antara dua bagian. Mereka terdiri dari sejumlah baja kecil dengan ketebalan berbeda dengan pengukuran yang ditandai pada setiap bagian.

Mereka cukup fleksibel sehingga, meskipun semuanya berada pada engsel yang sama, beberapa bisa ditumpuk bersama untuk mengukur nilai antara. Biasanya ada dua set: satu untuk satuan imperial (biasanya diukur dalam 1/1000 inci), dan satu untuk pengukuran metrik (biasanya diukur dalam 1/100 mm) (dengan interval 1/1000 inci dan 1/100 mm). kira-kira dalam urutan besarnya yang sama).

Perangkat yang sama dengan kabel berdiameter tertentu, bukan bilah datar, digunakan untuk mengatur celah busi ke ukuran yang benar. Hal ini dilakukan dengan menambah atau mengurangi celah hingga ukuran yang tepat pas di dalam celah tersebut. Baja yang panjangnya kadang-kadang disebut daun atau bilah, meskipun tidak mempunyai ujung yang tajam.

https://infoteknologiviral.blogspot.com/2024/03/penjelasan-alat-ukur-peraba-lancip-atau.html

Baja tahan karat adalah bahan umum untuk alat pengukur feeler gauge. Beberapa set pengukur antena memiliki satu bilah kuningan karena alasan historis bahwa sistem pengapian elektronik awal memerlukan celah udara antara reluktor dan bagian pikap yang dipasang dengan logam non-besi.

Jenis

Pengukur taper feeler
Alat ukur peraba lancip adalah alat ukur perasa berbentuk meruncing, bukan paralel. Bilah pengukur mempunyai ketebalan yang konstan, dan kedua jenis pengukur tersebut digunakan dengan cara yang sama. Semoga bermanfaat.